Media Informasi Online Remaja Terbaru dan Terkini

Resep Dan Cara Membuat Tape Ketan Hitam Paling Lezat

Cara Membuat Tape Ketan Hitam » Kita tahu Tape Ketan Hitam hitam yang terbuat dari beras ketan hitam. Tape Ketan Hitam adalah makanan tradisional yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang diolah dengan fermentasi. Selain rasanya yang lezat, tape ketan hitam juga kaya karbohidrat dan nutrisi dalam tubuh dapat menstabilkan karena rekaman itu kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk proses fermentasi ketan, dimulai dengan mencuci, kemudian dimasak, dan didinginkan. Proses fermentasi Ni harus dilakukan dengan benar, dan berhati-hati. Tape Ketan Hitam pada umumnya memiliki rasa manis, tekstur yang lembut, dan sedikit asam dengan rasa yang khas karena ada kandungan alkohol di dalamnya.
Tidak hanya tape ketan hitam, Indonesia juga memiliki beberapa varian dari pita yang juga dibuat dengan singkong yang memerlukan proses fermentasi dan dibungkus daun pisang dan daun jambu biji. Ada 2 jenis ketan, ketan yaitu hitam dan putih. Tidak hanya dapat dikonsumsi dalam bentuk pita lengket seperti umumnya, tapi Tape Ketan Hitam juga digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan minuman segar, kue, es krim, kue-kue dan bahkan tradisional lain.nya basah juga bisa membuat tape ketan hitam di rumah.

Anda biasanya dapat mndapatkan hitam tape ketan hitam untuk membeli. Namun, Anda juga bisa membuat dia sebenarnya tape ketan hitam sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah. Bagi Anda yang tertarik untuk membuatnya, Anda dapat mencoba beberapa langkah untuk membuat tape ketan hitam.

Bahan :
  • 500 gr ketan hitam
  • 3 sdm gula pasir yang telah dihaluskan
  • 2 butir ragi tape yang telah dihaluskan
  • Daun pisang seperlunya
Langkah Membuat Tape Ketan Hitam :
  1. Cuci bersih beras ketan dan rendam semalam (10 s/d 12 jam). Hal ini dimaksudkan supaya beras ketan lebih mengembang dan juga lunak.
  2. Setelah perendaman selesai, kemudian cuci kembali beras hingga sampai bersih. Setelah itu, kukuslah beras ketan itu sampai setengah matang.
  3. Tuangkan serta ratakan di nampan. Biarkan terbuka kemudian tunggu 2 jam sampai dingin.
  4. Campur ketan hitam dan ragi, aduk rata. Masukkan gula halus tadi dengan secukupnya lalu aduk.
  5. Bungkuslah ketan yang bercampur ragi menggunakan daun pisang.
  6. Simpanlah tape dalam 3 hari.
  7. Tape ketan hitam siap dinikmati.
Tape ketan hitam akan sangat nikmat jika dinikmati dengan es yang menarik dan potongan-potongan buah, sesuai selera. Jika Anda ingin membuat varian lain, Anda bisa menggantinya dengan lengket putih atau Anda juga dapat menggunakan air atau suji pewarna lainnya dan ikuti resep di atas Hitam Sticky Tape.

Lihat Juga : Resep Cara Membuat Masakan Ayam Goreng Kecap yang Enak dan Lezat

Resep tape ketan hitam ini sangat mudah bagi Anda untuk menerapkan sendiri di rumah. Mudah-mudahan, resep ini akan lebih mudah bagi Anda dalam memasak, terutama dalam membuat tape ketan hitam. Good luck dan berkreasi dengan tape ketan hitam yang Anda buat sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Tape Ketan Hitam Paling Lezat