Media Informasi Online Remaja Terbaru dan Terkini

Ada 4 Manfaat Jahe Yang Perlu Diketahui

Manfaat Jahe » Jahe merupakan rempah alami khas Indonesia yang mudah diolah menjadi masakan, minuman, dan ramuan lainnya. Jahe sangat dekat dengan kita terutama dalam melawan rasa dingin saat musim hujan tiba. Tanaman yang tumbuh dan dijual bebas ini memiliki segudang manfaat sehingga anda harus selalu memiliki stok jahe di rumah. Jahe pun aman dikonsumsi bagi siapa saja baik yang muda maupun yang tua. 
Manfaat Jahe
Manfaat jahe untuk masakan
Bau dan rasa khas dari jahe dapat membuat masakan lebih sedap. Jahe terbukti mengurangi bau amis pada olahan ikan maupun daging dengan mencampurkannya ke dalam rebusan ataupun dihaluskan bersama bumbu lain. Rasa jahe yang kuat juga membuat masakan lebih sedap dan gurih. 

Manfaat jahe untuk kecantikan
Rebusan air jahe yang telah didinginkan dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Bilas muka dengan air jahe secara teratur dan segera keringkan. Rebusan air jahe ini juga berfungsi untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. 

Senyawa gingerol pada jahe mampu membuat kulit lembut dan cerah bercahaya. Caranya pun cukup mudah yakni dengan mencampur parutan jahe dan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu ratakan ke wajah dan pijit dengan gerakan melingkar ke arah luar. Cara ini ampuh untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah kusam. Selain untuk wajah, gunakan campuran jahe dan minyak zaitun ini untuk memijat area paha. Hal ini bertujuan untuk mengurangi selulit karena jahe mampu memperlancar aliran darah di bawah kulit.. Lakukan kegiatan ini secara teratur tiap 2 kali seminggu untuk hasil maksimal. 

Manfaat jahe untuk mencegah rasa mual
Dengan bau yang kuat serta efek yang dapat menghangatkan perut, jahe dipercaya mampu mengurangi rasa mual baik karena udara dingin, mabuk perjalanan, bahkan mual pada awal kehamilan. Pembuatannya pun cukup mudah yakni dengan menumbuk jahe dan merebusnya selama beberapa menit. Tambahkan gula sesuai selera dan minum saat masih dalam keadaan hangat. Selain membuat ramuan sendiri, anda bisa menemukan minuman serbuk jahe maupun larutan jahe yang dijual bebas di apotek dan pasaran. Selain itu, minuman tradisional yang menggunakan jahe dapat kita temukan di pedagang kaki lima maupun pedagang keliling yang menjajakan STMJ, ronde, dan tahwa. 


Manfaat jahe untuk flu dan batuk
Mengkonsumsi air rebusan jahe yang masih hangat dapat mencaharkan dahak saat anda memiliki battuk berdahak. Air jahe juga dipercaya mampu meredam rasa gatal atau radang pada tenggorokan dengan kehangatan alami dari jahe. Jahe juga mampu mengurangi gejala pusing serta mengurangi rasa pegal akibat kelelahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ada 4 Manfaat Jahe Yang Perlu Diketahui